Analogi Antara TOGA dan TOGE

  • 3
Senin, 28 Juni 2010. Sip banget! Gue sekarang udah kelas 2 SMA dan hari ini lagi menjalani suatu ritual pelajar: liburan sekolah sampai 2 minggu. Dikit banget, padahal pas SD gw liburan sekolahnya bisa sampe 3 minggu bahkan pernah lebih (kalo lagi males : pura-pura sakit). Ya tapi konsekuensinya kalo libur kelamaan adalah : rasa males yang berlebihan untuk dateng ke gedung sekolah. Terlebih lagi pas disuruh nulis, tangan gw langsung gemeteran karena 2 minggu dengan sama sekali gak nulis is not good. Dan liburan juga jadi momen yang pas untuk manjangin rambut sampe sebetis. Emang gw kuntilanak? Gak harus sih, gondrong sampe ngelebihin mata aja menurut gw udah keren. Terus di akhir liburan langsung cukur rambut. Atau pilihan keduanya adalah gw mbotakin rambut. Jadi pas masuk skolah udah agak panjangan. Gue pilih manjangin rambut aja. Kayak anak kuliahan yang gak punya uang untuk ke tukang cukur gitu.

Pas awal liburan, gw udah bikin jadwal liburan yang sangat asik dan ringkas. Here they are...

  1. Tidur sepanjang hari
  2. Mengendarai mobil bareng bokap keliling kota
  3. Sejenak melupakan sekolah
  4. Sibuk bersyukur karena udah masuk kelas IPA.

Dari keempat jadwal yg gue bikin itu, semuanya udah gw laksanain. Kecuali yang ‘bersyukur karena masuk IPA’. Sebenernya bersyukur mah udah dari bagi rapot, cuman kan gw bernazar akan puasa nazar kalo masuk IPA, dan ternyata gw masuk IPA. Jadi gw harus menjalankan ibadah puasa nazar yang wajib itu. Kalo ‘melupakan sekolah’, pas tidur siang juga gw lupa tentang sekolah. Mana pernah gw nginget-nginget skolah pas lagi tidur. Nah yang ‘mengendarai mobil bareng bokap’ baru sekali gw laksanain. Skill nyetir gw naik satu level karena gw udah bisa markirin mobil di carport(garasi) dengan sangat rapih. Gak usah bangga deh kalo cuma bisa mundurin mobil dengan kecepatan tinggi doang...

Update... adek gw baru disunat. Sunatannya baru kemaren hari Minggu 27 Juni 2010. berani amat ya tuh anak liburan gini malah sunatan. Pas mulai liburan, dia udah minta disunat. Karena mendengar berita itu, gw langsung jadi suka nakut-nakutin dia kalo ketemu. “heh dek! Tau gak? Sunat itu sakit banget loh! Ntar titit kamu ditarik terus digunting secara membabi-buta.”. dan kalo udah gitu, paling dia teriak-teriak ketakutan dan lapor ke nyokap. Kadang juga gw suka sengaja bawa gunting gede ke depan dia terus gw mainin didepan selangkangan gw. Tujuannya hanya untuk mempraktekan bagaimana prosesi sunat itu akan berjalan : “gini nih dek, titit ditariikk..... terus digunting! Crassss....“ dan gw akan ketawa bahagia kalo dia teriak ketakutan. Dan makin mendekati hari H, mentalnya makin kuat. Semua kata-kata gw yang menyeramkan seperti, “kalo titit kamu keras, ntar disunatnya pake gergaji mesin loh sama Freddy Krueger”. Terus dia nanya, “freddy krueger merek somay?”. Bodoh, itu somay Freddy...

Atau seperti ini, “kata ibu, kamu mau disunat pake laser? Kalo di film Star Wars, laser kan senjata yang bisa bikin orang mati gosong tauk! Kamu mau titit kamu gosong terus gak berfungsi lagi?”. Dan percuma! Dia udah ga percaya kata-kata gw lagi. Mentalnya udah sekeras tembok China. Dia udah mindset otaknya jadi : “sunat itu enak!”. Sialan...

Pas udah disunat, mukanya jadi pucet. Dia 6 jam di RS Hermina abis sunatan. Kata dokternya dia harus istirahat 6 jam dulu baru boleh pulang. Pas gw liat foto-fotonya, lebay parah. Sebelum sunat, dia pake jubah hijau khas orang mau operasi. Terus gw liat ruangannya jg udah kayak ruangan operasi penyakit berat. Sampe rumah, dia cuman pake sarung doang. Tititnya yg baru disunat menyerupai kacang atom, karena dia gendut. Mungkin kalo ujung tititnya udah keluar, bentuknya jadi normal. Dia bilang ke gw, “kak, hebat amat sih pas TK udah berani disunat?”. Gue jawab dengan penuh wibawa, “oh iya doong. Siapa dulu.. gue gitu loh...”. dia memuja gue. Haha.... padahal disunat pas TK dulu itu gw nangisnya udah kayak orang mau disembelih. Sedangkan adek gw kata ibu gw sama skali ga nangis, cuma keringetan doang... haha.. beda usia.... *alibi*

Ganti topik.

Bokap gw udah mau lulus dari kuliah S3 nya di IPB Penyuluhan Pembangunan. Haha dia udah mulai kuliah sejak gw kelas 6 SD baru sekarang selesenya.. gila banget. Barusan gw ikut dia ke kampus untuk daftar ulang wisuda yang akan diadakan pada 27 Juli 2010. Abis daftar ulang, dia langsung ngambil Toga nya. Apa itu Toga? Toga adalah jubah khusus untuk para mahasiswa yang udah lulus dari pendidikannya di suatu universitas. Itu loh, baju item kegedean yang matching sama topinya yang bertali. Keren abis.

Selama di sana, gw liat banyak bgt anak-anak S1 yang baru lulus lagi pada ngambil toga juga. Enak kayaknya kalo udah lulus gitu. Pas perjalanan naik mobil menuju pintu keluar juga gw ngeliat banyak banget anak baru yang mau tinggal di asrama. Mereka itu adalah anak SMA yang baru lulus tahun ini dan keterima di IPB. Mereka harus tinggal di asrama pada tahun pertama mereka belajar disitu. Keluarganya pada nganterin. Diliat dari plat nomernya sih, mereka kebanyakan dateng dari luar kota. Paling jauh gw liat dari Surabaya. Niat amat sekolah ke Bogor? Jadi kepikiran, kalo giliran gw masuk universitas entar kayak gimana ya? Pasti seruu... hari itu gw lagi sering-seringnya liat “anak baru IPB” dan “anak baru lulus IPB”. Gw harus bisa kayak mereka. Hahaha *ketawa garing sambil ngeliat ke atas*

Sampe rumah langsung gw cuba tuh toga. Pas gw pake, gw terlihat kayak pemain sumo kebanyakan minum Kiranti. Bajunya keren, berbentuk jubah hitam ala Harry Potter, ada slendangnya, lengkap dengan topi segilima yang ada talinya itu. Dan gw akan memakai toga juga saat wisuda S1 kelak di UGM Yogyakarta (amiiiinn!). Seperti orang norak pada umumnya, gw berfoto pake toga itu. Dengan bokap gw yang moto haha. Cuman gw agak bingung dalam pemasangan selendangnya, jadi gw asal pake aja yang penting nyangkut di leher.

Pas malemnya, gw masuk ke kamar ibu gw untuk ngambil kamera dan kabel data karena gw mau ngambil foto gw yang make toga tadi. Pas di dalem, gw ngeliat adek gw lagi duduk di kasur ibu gw dengan tampang stress dan keringet dingin. Selidik punya selidik, ternyata adek gw yang tititnya baru disunat itu lagi nahan kencing. Ya kalo lu cowok, pasti tau rasanya abis disunat terus kencing pasti tititnya perih. Dan adek gw sedang mengalaminya malam itu. Gw sih ketawa-ketawa aja ngeliatnya, tapi kasian juga karena gw pernah mengalami hal yang sama.

Setelah agak lama, bokap gw pulang dari sholat isya berjamaah di mesjid. Adek gw langsung minta bokap dan nyokap gw untuk mendampinginya kencing di toilet. Akhirnya, mereka bertiga ke WC barengan. Gw ngeliatin di luar WC sambil nahan ketawa karena kalo gw ketawa, kasian adek gw ntar jadi makin kesakitan. Mereka tuh kocak abis. Tangan kanan adek gw dipegangin ibu gw, sedangkan tangan kirinya dipegangin sama ayah. Pas air seninya udah keluar, adek gw langsung meluk ayah gw erat-erat karena kesakitan. Uuuhhh kayaknya gak enak deh. Setelah kencing, dia keluar kamar mandi sambil jalan ngangkang kayak penguin diolesin balsem. Otomatis gw sama nyokap yg lagi di deket situ langsung ketawa ngakak ngeliatnya. Adek gw malah nangis... sial. Jadi iba juga deh.. akhirnya gw ama nyokap diem aja, haha.

Ngomong-ngomong, gue pantes juga ya make toga. Walopun masih belum bisa dibilang nambah ganteng... tapi tetep aja pantes, gak semua orang pantes make toga, terutama beberapa temen gw yang cuman bisa banyak omong doang, disogok gorengan juga diem haha...

sunatan :


Lorong eksekusi titit. Rumah Sakit Hermina.


Ya, adek gw udah kayak orang tua mau operasi jantung aja. Pake baju ijo ga jelas. Ini sebelum tititnya dipotong.


Ini dia kebelet kencing tapi takut sakit tititnya kalo kencing, jadi pas mau gw foto malah pundung. Masih pake sarung kan? Karena didalamnya dia gak pake celana dalem.

snapshots gue :

TOGA :


Iya gue tau gak tambah ganteng, tapi gw merasa jadi anak kuliahan yang keren.


Maunya sih megang piala, tapi apa daya. Jadi cuman bisa megang sepasang stik drum.


Haha, gw berasa mirip kayak Jelang UAN band. Itu adalah band keren yang beranggotakan alumni dari SMAN 1 Bogor, that’s my school! Haha LOL

TOGE :


Toge (Konotasi)


Toge (Denotasi)

Have nice holidays!
salam toga,
-harisdarko-
pentinggak.blogspot.com

3 komentar:

  1. itu bukan pundung, tapi nahan sakit

    BalasHapus
  2. Gokil Abis Broo, ane Baca sambil Senyam Senyum sendiri kyx org bru kerasukan Kunti :D

    BalasHapus
  3. Seru ya nakut-nakutin anak kecil yg mau sunat tp kayaknya kejam tp asik bacanya hahaa...

    krn aku komen pake prfil G+ jd aku selipin dh alamat blogku http://al-faris.yu.tl

    BalasHapus

Silahkan isi demi terbentuknya blog yg aduhai.
Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nama asli anda di akhir posting.

Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di :
- Facebook : Harisuddin Hawali
-Twitter @harisdarko.

"If you don't like some of my posts don't just post stupid comments which will be deleted... post correct comments or describe what you didn't like ,then i will improve myself"

Thank You for Visiting Pentinggak Blog