Yuk Ngomongin Vlog!

  • 2
Halo khalayak, kalo diliat2 sih gw udah lama banget gak nulis di blog ini. Hahaa emang mungkin karena perkembangan jaman yang terlalu pesat biking w jadi agak lupa gitu sama kegiatan paling seru yang gw sukain sejak jaman sekolah dulu, yaitu nulis. Walaupun nulis gw masih pake gaya penulisan yang gabisa move on dari gaya nulis Raditya Dika, tapi gw lumayan passion sama yang kaya ginian. Mengingat sekarang hampir semua orang kemudian membuat blog dengan konten yang sama seperti gw ini. Dan lagi adanya Youtube.com yang menjadi ranah kegaulan baru untuk masyarakat kekinian Indonesia, popularitas diary online alias blog kaya gini jadi agak tergeser.


Hampir semua orang sekarang punya akun Youtube. Tinggal punya email google aja udah langsung connect ke Youtube, dan otomatis udah punya channel sendiri. Begitu pula gue yang udah punya alamat email Gmail sejak 2011 juga otomatis dibikinin channel sendiri sama Youtube. Kalo penasaran bisa cek ke https://youtube.com/harisdarko


yoi user-user sepuh macam gw masih kebagian customized URL kaya gitu, jadi bisa gonta-ganti alamat channel youtube sesuka hati. Gak kaya youtuber-youtuber newbie  diluar sana yang URL channel nya masih huruf angka random seperti ini contohnya https://youtube.com/aAKjshb87bAUGY

Balik lagi ke cerita soal Blog, konten blog yang biasanya menceritakan keseharian si pemiliknya dalam bentuk tulisan pun kini sudah mulai pudar seiring Yotube itu tadi. Orang2 lebih suka ngerekam diri mereka sendiri berbicara di depan kamera yang topiknya biasa dituliskan dalam bentuk tulisan dalam laman Blog. Itu lah kenapa aktivitas itu deisebut dengan video blogging, yaa lu nge blog (cerita-cerita sesuka hati) tapi dalam bentuk video.

Pas awal perkembangannya tahun 20012 sih gw takjub aja ada orang yang ngomong sendiri depan kamera di kamar trus bisa terkenal dan semua orang suka. Lama2 mereka udah berani bawa kameranya keluar dan melanjutkan aktivitasnya ngomong depan kamera selama berada di luar rumah. Kemudian melihat perkembangannya di tahun 2016 ini yang begitu pesat. Kaya… setidaknya semua orang punya kameranya masing2 lah, entah di hape atau digital camera biasa, lalu kemudian mereka membuat vlog dan merekam kehidupannya sehari2 yang sebetulnya tidak terlalu enak untuk ditonton, wkwkkw menurut gw yaa. Kecuali kalo hijabers cantik lah yaa macem Gita Savirtri Devi, udah gitu dia di Jerman pula kan, sebagai Engineer gw penasaran dong atmosfir kehidupan di negara penghasil banyak alat2 laboratorium di kampus gw.

Sebenernya cuma ada 3 syarat wajib untuk pemula yang pengen bikin vlog juga, gw tau syarat wajibnya tapi gak gw lakuin karena gw yakin gw belum memenuhi salah satu aspeknya wkwkw:

1. Harus Ada Kamera, entah minjem atau beli.. entah kamera professional atau hape, lu harus pake kamera untuk bikin vlog bro.. dari namanya aja video blog kalo gapake kamera sama aja gondes lah.

2. Punya kehidupan. Tujuan dari bikin vlog adalah menceritakan kehidupan kita untuk dibagikan kepada orang lain. Sama kaya bikin blog di internet gini, ya harus ada bahan untuk di share seperti kehidupan pribadi. Kalo hidup lu Cuma tidur makan tidur makan doang mah ngapain bikin vlog. Kasian yang nonton, 10 menit durasi hidupnya lu renggut dengan cara yang nista wkwkkw.

3. Punya wajah yang enak dipandang. Gak harus ganteng atau cantik sih.. tapi kalo ganteng atau cantik itu bonus aja. Cuman muka lu itu kan objek utama dalam konten vlog, kalo misal lu maksain bikin vlog dengan kondisi muka yang kurang sedap dipandang ya kasian juga penonton lu broo.. dia lagi-lagi harus menghabiskan 10 menit durasi dalam hidupnya untuk melihat sesuatu yang tidak sepatutnya ditonton hahaa. Makanya mandi dulu, atau paling enggak mukanya jangan berminyak-minyak amat lah kalo depan kamera.

Setelah ketiga aspek wajib itu terpenuhi, lu siap untuk memasuki fase baru dalam perkembangan teknologi informasi digital: VIDEO BLOG. Tinggal cari temen2 lu yang mau nontonin kehidupan pribadi lu dan minta mereka untuk menceritakan betapa serunya hidup lu, maka lu bisa menjadi artis dadakan layaknya tahu bulat yang dgoreng dadakan. Ahhaa..

Last word, gw sedang menjalani Semester 8 yang lebih senggang dari semester sebelumnya karena semester ini hanya mengerjakan Tugas Akhir alias skripsi dan satu tugas besar yang sebentar lagi selesai, jadi gw bisa punya lebih banyak waktu untuk mulai menulis lagi di blog ini…

Haris kenapa kamu gak bikin vlog?
karena aku masih blogger sejati, tapi kalo jalan2 ke luar negeri okelah bikin ala-ala vlog gitu, kaya di video ini hahaa 

Oiiya Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan yaa untuk yang menjalankannya,
yang tidak menjalankannya bisa dicoba deh, seru loh tinggal skip makan siang doang kok hahaaa

Salam,

harisdarko


Pentinggak.blogspot.com

2 komentar:

  1. Ntap. #TeamGitaSavitriDevi

    BalasHapus
  2. Siapa itu gita savitri devi? Siapaaaa??? #temanposesif

    BalasHapus

Silahkan isi demi terbentuknya blog yg aduhai.
Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nama asli anda di akhir posting.

Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di :
- Facebook : Harisuddin Hawali
-Twitter @harisdarko.

"If you don't like some of my posts don't just post stupid comments which will be deleted... post correct comments or describe what you didn't like ,then i will improve myself"

Thank You for Visiting Pentinggak Blog