Panjang Banget Men, Liburnya

  • 0
Long weekend guys! Very very long weekend. Udah lama gw gak merasakan liburan sepanjang ini. panjang banget men, lebih panjang dari rambutnya mbak Titi Sjuman. Liburnya Cuma 4 hari sih. Tapi teori relativitas waktu sangat berlaku disini. Gw gak ngerti apa korelasinya, tapi pokonya 4 hari libur dalam seminggu itu adalah berkah. Jadi 9 Mei 2013 itu adalah tanggal merah dan jumatnya tanggal hitam. Kenapa hitam? Karena di kalender gw tanggal merah artinya libur dan hitam artinya tidak libur.

Suatu siang dosen Teori Bangunan Kapal I gw bertanya ke seluruh mahasiswa sekelas gw. “wah kamis depan libur folks! Jumatnya hari kejepit. Pada mau libur gak nih?”. Spontan sekelas gw bilang “mauu…”. Jadinya dosen gw memutuskan untuk meliburkan kelas pada tanggal 10 Mei –nya. Awalnya beliau agak gak yakin sama keputusannya untuk meliburkan hari jumat, tapi akhirnya hati doi luluh juga dengan meminta imbalan berupa Kuis 2 minggu berikutnya. Harga yang cukup pantas untuk long weekend sebanyak 4 hari yang sangat berharga. Beliau emang dosen paling enak di dunia, gurih kaya kebab gitu. Orangnya baik hati dan gaul parah. Sifatnya yang open minded terhadap isu-isu remaja dan tren masa kini bikin gw jadi salah satu orang yang gak mau melewatkan kuliahnya. Beliau suka memulai kelasnya dengan membahas skor pertandingan bola yang terakhir ditayangkan di TV, juga suka memakai lelucon dan kalimat-kalimat yang ada di acara ngelawak di TV. Acara favoritnya adalah Facebooker di ANTV. Mantap jaya.

Lalu sebagai perantau ganteng dari Bogor, apakah yang gw lakukan selama liburan? Bukan bukan, gw bukan magang di burger king ataupun jadi freelance pawang hujan. Namun, gw terpilih menjadi salah satu peserta di YES Summit 2013. Young Engineers and Scientist Summit 2013. Sebuah acara baru gagasan BEM ITS Surabaya dan menjadi pelopor acara konferensi calon insinyur dan saintis muda se-Indonesia. Masih skala nasional sih, namanya juga acara baru. Kenapa gw bisa terpilih sebagai peserta. Karena takdir.

Temen gw yang notabene adalah panitia, ngajak gw untuk ikut seleksinya. Cuma ngisi form online dan ngirim paper berupa paparan ide gw untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di Indonesia. Gw yang daftar plus ngerjain papernya H-1 deadline itu melakukan dengan sepenuh kringat dibantu Reiza, seorang anak Betawi asli yang kalo ngomong di depan umum pundak kanannya selalu naik. Gw mengangkat judul _________. Iya itu judulnya, jadi gw mengeluarkan ide gw tentang itu untuk menyelesaikan masalah itu. Bahwa sesungguhnya ide gw itu dapat membantu pemerintah dalam memecahkan masalah itu yang tak kunjung selesai oleh kinerja sistem sebelumnya itu. #bikinpenasaran

Setelah upload paper dan membuat form gw fix, gw pun menunggu hasilnya. Setelah 2 hari gw buka lagi websitenya, ternyata ada nama gw. Pas gw kasih tau temen gw tentang hal ini, doi malah bilang “bukan itu kentang! itu nama-nama yang udah Fix-in datanya, belum berarti keterima”. Gw kecewa sesaat, sampai akhirnya besoknya gw lihat nama gw terpampang sebagai salah satu peserta yang kepilih dan berhak ikut acara ini. Gw pun tumpengan.

Gw gak terlalu ngerti ini acara apa, tapi acara-acara yang ada kata “Summit”-nya biasanya keren.  Jadi gw tertarik. Tapi setelah keterima, gw dapet rundownnya dan gw baru sadar, ini adalah acara untuk orang-orang pinter. Gw kaget setengah ganteng. Apakah gw terpilih karena panitia mengira gw pinter atau karena nama gw yang lebih mirip spesies tanaman beracun yang dapat menghilangkan banjir kanal timur Jakarta? Gw gak tau, tapi yang pasti bahwa Arya Wiguna adalah bukan istri ke-9  Eyang Subur. Gw gak tau pasti, tapi gw bersyukur gw keterima setelah mengalami beberapa error dalam mengisi form. FYI, gw dan reiza bikin paper bareng dan kita keterima bareng juga dan kita pernah tidur bareng juga. Eh salah.

Gw dan reiza sudah packing. Dia ngasi tau kalo peserta harus membawa kado untuk acara tuker kado. Akhirnya kita pergi bareng ke swalayan paling terkenal di ITS. Itu adalah swalayan paling lengkap abis. Semua barang yang ada di dunia ada disitu. Lengkap parah deh. Buat para maba yang baru ngekos di sekitaran ITS Surabaya pasti belanja disini untuk memenuhi kebutuhan kosannya dan semua ada disini dengan harga yang miring. Miring banget. Banget.

Reiza yang sudah memegang miniatur kapal untuk dia jadikan kado. Tiba-tiba bengong di lorong antar rak. Dia malah merasa sayang untuk memberikan miniature kapal yang keren itu. Akhirnya doi memutuskan untuk ngasi palet lukis beserta kuasnya. Gak ada hubungannya sama sekali dengan insinyur dan saintis muda Indonesia.

Setelah semuanya siap, kita ke Asrama Haji bareng. YES summit ini adalah serangkaian acara yang pesertanya harus nginep. Karena psertanya yang gak Cuma dari Surabaya, melainkan dari seluruh penjuru Indonesia. Pesertanya adalah mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA. Namanya juga Young Engineers and Scientist, masa iya ada anak Fakultas Ilmu Kewanitaan dan Keolahragaan. Kalo ada, gw traktir mekdi deh lo lo pada…

Sesampainya di Asrama Haji Surabaya, kita berpisah karena kita gak sekamar. Doi kamar 211 sementara gw kamar 213. Dan kunci kita sama-sama dibawa sama salah satu roommate yang lagi pergi keluar gedung. Gw menunggu di depan kamar 213 sambil bengong. Gw lihatin nama-nama yang ada di pintu 213. Dari 10 orang yang ada disitu, ada nama gw di nomor 2. Semua nama2 yang ada disitu sangatlah Islami. Kayak nama sahabat nabi atau nama-nama siswa pesantren gitu. Gw jadi berasa di pesantren Gontor baru masuk asrama. Btw, nama Harisuddin Hawali itu juga Islami kok. Artinya penjaga Agama yang cerdas. Buset, keren bet nama gw. Gak tau kalo orangnya.

Tiba-tiba datang satu laki-laki dengan badan tinggi, agak bungkuk, dan berkacamata. Perawakannya kurus dengan sedikit jenggot. Dia nyapa gw sambil ngenalin diri bahwa kita sekamar. Namanya Hasbi dari Teknik Geologi UGM.  Seketika gw galau. Ingatan gw kembali melayang ke masa-masa gw baru lulus SMA lalu mengikuti SNMPTN tulis dengan pilihan FTTM itb dan Geologi ugm yang tidak berhasil pada keduanya. Kentang banget emang. Trus gw ngambang di laut. Ingatan gw balik normal lagi. Dia menambahkan lagi bahwa dia angkatan 2010. Pas dia nanya “kamu angkatan berapa?”. Otak gw nge-freeze bentar. Gw berfikir bahwa gw lagi ngomong sama angkatan atas gw yang lebih tua dari gw. Apakah gw akan berbohong di YES Summit 2013 ini bahwa gw adalah angkatan 2010 juga, atau jujur bahwa gw suka ngeprint-in foto member JKT48. Maksudnya jujur kalo gw angkatan 2012 dan rela dipanggil “dek”.

Ternyata gw jujur.

Doi ternyata orangnya baik parah, gak ngerasa kalo lebih tua dan sok tua. Dia malah kaya temen sebaya gitu sama gw. Dan dia Teknik Geologi. Ilmu yang Allah tidak mengizinkan gw untuk belajar disitu. Dan gw sekarang punya temen anak Geologi. Gak lama berikutnya, dateng 2 orang lagi ke depan kamar 213. Kita kenalan lagi. Ada cowok gendut berkulit putih dan rambut pendek agak pirang namanya Saiful. Lalu temennya yang badannya kurus dengan jenggot ustadz dan rambut keriting kayak gw gini namanya Bahrul. Mereka berdua dari Teknik Fisika UGM 2011. Oleh karena mereka selalu berdua dan dari jurusan yang sama, gw memanggilnya “sahabat tekfis”. Dari 4 orang yang masih menunggu kunci di depan pintu 213 ini termasuk gw, hanya gw yang 2012. I’m the youngest, maka gw memanggil mereka semua dengan imbuhan “mas”.

Syaiful: “kau darimana?”
Haris: “dari ITS teknik Perkapalan mas”
Syaiful: “wah, cuma pindah kosan dong ya hahaha”
Haris: “hehe iya mas..”    *pasang muka onta*

FYI, mas-mas ini berasal dari daerah berbeda. Saiful dari Aceh, Bahrul dari Jogja, dan Hasbi dari Kalimantan. Maka gaya ngomong mereka pun sesuai daerah asalnya. Sampai akhirnya Emil datang membawa kunci kamar 213. “maaf maaf ya kelamaan, aku tadi sholat dulu”. Kita senyum dan masuk ke kamar dengan riang gembira.


penampakan penghuni 213 Asrama Haji Surabaya


Kamarnya gak terlalu gede tapi ada AC nya. Ada 5 tempat tidur tingkat. Jadi kasurnya ada 10 dan kamar mandinya di dalem. Sekarang di ruangan ini ada 5 orang. Termasuk Emil dari teknik Sipil ITS 2011. Mereka udah pada booking kasur masing-masing. Gw yang baru masuk memilih kasur bawah di tempat tidur yang deket jendela. Terus pindah ke kasur bawah yang tempat tidur yang deket pintu biar gampang keluar. Sementara gw tiduran di ujung kamar, masuklah 2 orang lagi ke kamar. Ada anak botak berbadan kecil yang membawa 2 tas besar dan mas-mas yang motornya berangkat pas bareng gw brangkat tadi. Adalah faiz dari Teknik Industri ITS 2012 dan mas Ato dari Teknik Kalautan ITS 2010. Faiz adalah tipikal seorang yang banyak omong dan gampang banget menggaet orang untuk berkenalan. Ada aja bahann omongan untuk dibahas sama dia. Selalu ada pertanyaan dan pembahasan yang panjang kalo ngomong sama dia. Dia juga suka nulis. Termasuk nulis blog dan nulis karya ilmiah. Sementara mas Atho adalah atlet dayung kampus gw dan hobinya makan ayam penyet deket kampus.

Semua yang baru masuk ini sangat pendiam kecuali Faiz. Gak tau kelanjutannya gimana nih.

Setelah 1 jam di dalam kamar bersama 6 orang ini, gw masih nunggu 3 orang untuk masuk lagi. Dari daftar peserta di pintu kamar,ruangan ini seharusnya dihuni oleh 10 orang dan sekarang baru ada 7 orang. Kata panitia sih ada yang check in lagi besoknya, cuma ternyata kita memang cuma harus ber-7 doang. Ada beberapa nama dalam daftar temen sekamar di pintu itu yang tak kunjung hadir sampe acaranya selese. Mereka adalah Fadhila El Discha, Bintang Wahyu Syah, dan Wahyu Setyo Budhi. Pastinya mereka laki-laki. Namun setelah acara berjalan beberapa hari, gw baru dapet info kalo Fadhila El Discha ternyata adalah perempuan dari UGM angkatan 2010. Wah wah.. jadi panitia tadinya ingin perempuan berkerudung ini tidur sekamar sama 7 laki-laki seperempat ganteng ini. Something goes wrong. Untungnya gak jadi. Kalo jadi, bisa terjadi hal-hal yang diinginkan.

Setelah acara dimulai beberapa jam, ternyata teman-teman sekamar yang pas baru masuk ini pada pendiem dan keliatan pendiem ternyata kenyataannya heboh semua. Kita sekamar curhat bareng udah kaya di film Ada Apa Dengan Cinta gitu sambil ngakak-ngakak ngetawain pengalaman satu sama lain.


….and the tale goes on…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi demi terbentuknya blog yg aduhai.
Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nama asli anda di akhir posting.

Thank You for Visiting Pentinggak Blog