Masa Orientasi Pramuka PMR

  • 0
Hari ini adalah hari Kamis, 16 Juli 2009. Hari ini udah ga ada MOS lagi, karena hari ini adalah MOPP, Masa Orientasi Pramuka PMR.
Hari ini gw dan temen-temen seangkatan, bakalan menerima berbagai promosi dari ekstrakulikuler Pramuka dan PMR.

Gw kira sih hari ini udah ga ada POSKO-POSKOan lagi. Taunya pas apel pagi, masih ada tulisan POSKO diatas spanduk warna item di lante 2. Ternyata masih ada evaluasi harian sama POSKO. Tapi kali ini, anggota POSKOnya cuman ada 4 orang. Kan biasanya ada 13 orang. Cuman ada 2 cewek dan 2 cowok. Yang cewek-cowok pertama make seragam PMR lengkap, yang cewek-cowok kedua make seragam Pramuka lengkap. Mereka bilang, “selamat datang di evaluasi harian Masa Orientasi Pramuka PMR. Apakah-kalian merasa-senang-hari ini??”. Kita jawab aja, “siap-senang!”. POSKOnya bilang lagi, “Oke, kalau begitu-kita akan membuat-kalian-lebih senang-lagi!”. kita jawab, ”siap-terima kasih!”.

Wow, apakah benar kita akan senang-senang hari kamis ini? Let’s see.
Pertama-tama, abis baris, kita msuk ke dalem kelas dengan ditemani kakak PJ yang baru, bukan dari OSIS, melainkan dari ekskul Pramuka dan PMR. Kata mereka, hari ini ga bakalan ada marah-marah lagi. Kita bakalan santai. Setengah hari penuh bakal santai.

Emang sih, hari ini lebih santai dari hari-hari sebelumnya. Kita sekelas banyak dapet materi dan sharing dengan alumni smansa yang dulunya itu ikut ekskul Pramuka dan PMR. Mereka nyeritain kalo sekolah di smansa itu jangan cuma belajar doang, tapi juga harus punya dan ikut satu organisasi. Soalnya kalo Cuma belajar doang, kita ga bakal bisa belajar bersosialisasi dengan orang lain, ga bisa merasakan rasanya ber-organisasi, dan kata mereka kalo alumni smansa yang lulus dan diterima di PTN favorit itu, pasti mereka pas SMAnya ikut di suatu organisasi. Di universitasnya juga bakalan kerasa manfaat dari ber-organisasi sewaktu di SMA.

Kita jadi mudah bergaul, mudah melakukan hal-hal ke-organisasi-an, dsb. Jadi gw juga pengen ikut organisasi di smansa, tapi gw ikut yg semi organisasi aja, kayak KIR(kelompok ilmiah remaja).

Setelah alumninya selese dan keluar kelas, kata kakak PJ yang pas rabu ketemu sama gw waktu lagi beli Lumpia Basah, ”mendingan kita main games”. Pas maen, game nya seru tapi gaje. Kan gw gagal ato kalah, jadi gw dan 7 orang lainnya yang kalah harus ke tengah lapangan dan meneriakan yel yel Pradja Pramuka Smansa.

Pradja!
Maju maju maju!
Gempur gempur gempur!
Semangat! Semangat!
Kulo kulo kulo!
HIJI!


Itu harus diteriakan dengan lantang dan keras ditengah lapangan dan diliatin sama semua OSIS. Malu banget gw, untung aja dihukumnya rame-rame. Jadi rasa malunya agak berkurang. Abis itu ada acara-acara, acara, acara, acara, dan tibalah saatnya pulang.

Pas pulang gw ngerasa aneh. Kok disuruh baris dilapangan lagi? Padahal kan MOS udah selese. Pas gw liat ke atas lante 2, ternyata masih ada spanduk POSKO, dan ada 13 orang berdiri di atasnya, tepatnya di lante 2 nya. Kok masih ada POSKO-POSKOan lagi? Katanya gak bakalan dimarahin lagi. Sang pemimpin POSKO pun mulai membuka apel. ”selamat-datang-di-evaluasi harian-masa orientasi pramuka pmr-2009”. Setelah itu, mulai deh marah-marahnya.

Tiba-tiba abis membuka apel, mereka balik kanan dan turun ke lante satu. Tepat didepan kami seangkatan. Sejajar. Face to Face.

Langsung deh mereka bilang, ”selamat datang-di SIDANG ANGKATAN 2009!!!!”. hah? Sidang angkatan? Apaan tuh?
Abis itu ada kakak kelas yg bacain peraturan sidang.

”Satu, seluruh anggota POSKO betindak sebagai hakim. Dua, para penjamin angkatan 2009-2010 bertindak sebagai terdakwa. Tiga, seluruh peserta MOS 2009 selain para penjamin bertindak sebagai pembela. Empat, seluruh co-PJ(the leader of all PJ)bertindak sebagai saksi sidang.”

Sidang pun dimulai. Seluruh tuduhan terdakwa dibacakan dengan keras dan lantang tanpa microphone. Para pembela pun angkat tangan, salam, nyebutin nama dan kelas, dan memberikan pembelaan untuk menyelamatkan para terdakwa. Setelah melalui proses yang panjang, marah-marah, tegang, akhirnya pembelaan pun diterima. Terdakwa bebas. Sebelumnya kita se-angkatan udah diancam kalo MOS bakalan diulang kalo seandainya anak-anaknya gak pada aktif. Untungnya kita kompak, pada aktif. Jadinya MOS ga jadi diulang. Diulang tuh gara-gara kita gak memberikan peningkatan kualitas dari hari ke hari.

Kita disuruh membuat sebuah bentuk yang baru pertama kali gw dengar. Kita seangkatan harus membuat bentuk LINGKARAN PEJAL yang terbuat dari badan kita semua dalam waktu 30 hitungan. Setelah hitungan habis, pas diliat, ternyata kita malah bikin persegi panjang. Abisnya gw juga ga tau LINGKARAN PEJAL itu kayak gimana. Pas dimarahin POSKO, tiba-tiba temen gw yg namanya Lukmanul Hakim maju sendirian ke tengah persegipanjang yang kita bikin. Otomatis POSKO jadi marah. Pas ditanya sama POSKO, ”hei kamu! Kenapa maju ke situ!”. Dengan gugup dan gagap dia jawab, ”eh, anuuu..., itu, eh, saya mendapat.....”. Kata POSKO, ”hei! Salam, Nama, dan Kelasnya mana???!!!!!”. si Lukmanul jawab, ”Assalamu’alaikum, nama saya Lukmanul Hakim dari kelas 10-lima. Saya mendapat pesan dari teman saya, bahwa yang namanya lingkaran pejal itu adalah lingkaran yang memiliki isi didalamnya. Jadi saya maju ke tengah sini untuk menjadi isi dari lingkaran ini”.

Disaat kayak gini, ternyata pas tadi anak-anak pada rusuh bikin lingkaran, tanpa sadar, tangan gw ditarik sama si ceweksuperdupercantik yang gw ceritain di part1 sama part2! Gw ditarik kepinggir sama dia supaya kita membentuk lingkaran yg ternyata adalah persegipanjang ini. Aaaahhhh.... gw langsung menggigil. Pas si Lukmanul dimarahin tadi aja, ternyata gw berdiri tepat disebelah kanan si ceweksuperdupercantik!!! Tangan kita berdua menempel! Menempel sodara-sodara! Menempel karena emang sesak abis. Tangannya itu, hangat, halus.... perfect!

POSKO setuju sama si Lukmanul Hakim. Kata POSKO ke si Lukmanul, ”kenapa kamu tidak mempengaruhi teman-teman kamu untuk membuat lingkaran seperti yang kamu bilang tadi???!!!”. Dan Lukmanul pun terdiam, sabar ya nak.
Abis itu, kita se-angkatan disuruh membuat lingkaran yang ditengahnya ada isi. Dalam waktu kurang dari 20 hitungan.

Dan tangan gw ditarik(lagi)sama si ceweksuperdupercantik. Kali ini tangan gw ditarik sama bidadari itu ke tengah lapangan untuk menjadi isi dari lingkaran itu. Kita berdua bagai pasangan yang kebelet kawin. Dia menarik tanganku dengan indahnya. Tangannya masih hangat. Masih halus. Gw kaget dan seneng setengah mampus. Ditengah lapangan, dia jadi ada dibelakang gw. Gw jadi bisa liat wajahnya yang halus dan bersih. Aahhh..... *geplak!* (suara tamparan dari dunia lain), dan gw pun tersadar dari dunia yang indah.

Setelah dinilai. Para POSKO mangucapkan kata-kata sakral yang cihui, ”saya menyatakan, Masa Orientasi Siswa SMA Negeri 1 Bogor, resmi ditutup!”. yes.. akhirnya selsesai juga MOS yang seru dan melelahkan ini.

Abis itu, para POSKO turun dari lante 2. tiba-tiba mereka udah ada dibelakang kita semua. Setelah ngomong-ngomong, mereka berdiri di depan kita semua.
Setelah itu, kita disuruh membacakan Janji Siswa Smansa yang harus kita lakukan selama 3 tahun kedepan. Sambil baca janji siswa, Sebelumnya ada si Rizki Fadilah dari SMPN 2 ama Tirza dari SMPN 4 yang dinobatkan POSKO sebagai Raja dan Ratu angkatan 2009-2010.


Next, kita disuruh bikin lingkaran lagi. Didepan kita ada barikade anak-anak OSIS. Terus ke-13 anggota POSKO masuk ke tengah lingkaran kopong itu.
Gw kira mau ngapain, taunya mereka tengkurep di tengah lapangan, abis itu push up 30 kali. Gw merasa senang karena mereka sangat sportif. Mereka marah-marah, tapi berani menerima konsekuensi yang harus ditanggung POSKO karena kadang lalai dalam menjalankan tugas-tugasnya. Namun disisi lain, gw merasa kasihan dan ingin mereka berhenti melakukan push up itu. Gw rasa udah cukup push up nya, karena push up sambil diliatin alumni smansa dan angkatan gw itu adalah hal yang bikin malu.

Abis push up, kita seangkatan, OSIS, alumni, guru-guru, dan POSKO saling bergandengan tangan dan nyanyi Hymne Smansa Bogor. Uuhh.... itu adalah hal yang membuat terharu. Gandengan tangan sama temen, nyanyi Hymne Smansa bareng POSKO yang udah bisa senyum, OSIS yang dulu marah-marah juga udah senyum, dan pas gw cari si ceweksuperdupercantik itu, ternyata dia pegangan tangan sama cewek juga. Huuhh.. lega, daripada dia gandengan tangan sama cowok, bikin jealous aja.

Abis itu, gw ngasih selamat buat si Rizki Fadilah karena dia udah jadi Raja angkatan 2009-2010 smansa Bogor. Setelah ngasih selamat, kita bikin barisan, OSIS juga bikin barisan, kita keluar gedung smansa sambil salam-salaman dan saling minta maaf ke kakak-kakak OSIS, dan POSKO juga.

Di lapangan luar gedung smansa, kita seangkatan udah pada bisa berbaur dengan POSKO dan kakak OSIS. Udah ga ada marah-marahan lagi. Malah salah satu OSIS ada yang ngaku kalo marah-marah mereka itu dibilang ekting yang sampah. Gw juga tau mereka cuman ekting. Tapi ada yg bilang ekting bagus mereka seperti sampah. Ga tau siapa. Menurut gw sih bagus.

Terus gw minta tanda tangan OSIS dan POSKO yang disegani itu. Mumpung mereka udah bisa senyum, gw minta aja tanda tangan beberapa orang dari 13 POSKO itu karena beberapa lainnya udah ada yg pulang. Setelah minta tanda tangan POSKO, kita sekelas langsung poto-poto sama POSKO. Huuhh, POSKO bagaikan artis saat itu.

Gw pulang ke rumah bareng sama si Agung Bimo. Kata dia itu adalah hari yang paling bikin dia seneng, dan gw juga beranggapan sama kayak gitu. Abisnya kapan lagi bisa seneng-seneng bareng OSIS dan POSKO, kita juga di ucapkan kalimat kayak gini sama kakak kelas, ”oke adik-adik, selamat datang di keluarga besar SMA Negeri 1 Bogor”
Aaahh.... gw terharu, akhirnya gw bisa juga gabung sama keluarga besar smansa bogor.

Everything have a happy ending.

Malahan, setelah terdakwa tadi bebas, kita seangkatan diberikan NAMA ANGKATAN SMANSA 2009. Yaitu, angkatan BENTENG BATU. Kenapa? Kok aneh? Makna Benteng Batu itu adalah bahwa kita itu saling melindungi seangkatan seperti benteng. Dan kalo dimarahi ato ditanya sama POSKO, kita cuma bisa diem aja kayak batu. Batu itu maksudnya pasif. Pasif kayak batu. Batu berguling(terjemahan:rolling stone). Benteng Batu = STONE FORTRESS.

Itu tadi makna positifnya. Makna negatifnya adalah :

BENTENG :
1. Bebal
2. Menganggap enteng MOS smansa 2009
3. Tengil sama kakak kelas

BATU :
1. Domba
2. Batu
3. Pasif

Abis dikasih nama itu, kita langsung dengerin kata-kata POSKO. Abis itu boleh pulang.

Aaahhhh..... pulang juga deh. Untuk besok ga ada tugas mengarang. Legaaa.

See you!
pentinggak.blogspot.com
-harisdarko-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi demi terbentuknya blog yg aduhai.
Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nama asli anda di akhir posting.

Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di :
- Facebook : Harisuddin Hawali
-Twitter @harisdarko.

"If you don't like some of my posts don't just post stupid comments which will be deleted... post correct comments or describe what you didn't like ,then i will improve myself"

Thank You for Visiting Pentinggak Blog