Oriental Circus Indonesia, Malam, Menginap (apa hubungannya?)

  • 4
Seperti anda ketahui, Hawa itu tercipta dari tulang rusuk nabi Adam. Kenapa harus tulang rusuk? Karena kalo tulang iga mahal karna gua gak tau kenapa. Tanya Kenapa? Kenapa aja boleeehh.... Itu urusan Tuhan dan gua gak berhak ikut campur. Ngomongin tulang, kalian tau sirkus gak? Itu loh, makanan khas bogor. Oh itu asinan. GLEPAKKK! *digampar*. Yak, sirkus itu adalah pentas akrobat yang menampilkan atraksi manusia lentur jumpalitan diatas jaring, binatang yang lumayan pintar, dan badut sok lucu yang pantatnya gede karena keseringan disogok pake tongkat baseball. Dan kebetulan sekali, Sabtu, 13 Maret 2010, di deket komplek rumah gua ada sirkus dari Rusia yang numpang mejeng tendanya di lapangan sebelah toko bangunan.

Karena gw belom pernah nonton sirkus secara langsung, maka gw berniat nonton bareng sama si Ricco dan supirnya yang berlogat jawa medok itu. Sebenernya itu mendadak, karena pas siangnya gw latihan band sama dia trus pulangnya nebeng dan lewat sirkus itu. Sopirnya ngajak kita berdua untuk nonton itu karena sejatinya si sopirnya itu kenal sama salah satu pemain sirkusnya, jadi bisa dapet diskon harga atau malah masuk gratis. Yaudah gua terima, kapan lagi? Kapan lagi om? Kita sepakat nonton yang jam 18.30.

Gw pulang ke rumah dan tidur-tiduran untuk ngumpulin energi supaya gak pingsan pas liat binatang buas haha. Pas lagi asik main laptot jam 4 sore, ada telepon dari temen gw namanya Tantri. Dia bilang mau ke rumah gw bareng Arin untuk minta duit sumbangan acara sekolah atas nama OSIS. Yaudah jadi gua mandi aja biar pas nerima mereka gua gak bau dan belepotan iler dimuka. Pas asik mandi di garasi kamar mandi, gw ndenger suara ada gerbang kebuka. Wah mereka datang! Gw akting seakan-tak terjadi apa-apa. Mandinya langsung gw percepat dan langsung handukan trus pake celana supaya gak malu pas keluar, kan kamar mandi gw deket ruang tamu. Pas keluar, gw liat mereka udah duduk di kursi tamu dan agak nahan tawa pas liat gw keluar dari kamar mandi dengan muka innocent dan rambut keriting yang basah.

Langsung masuk ke kamar trus ganti baju. Pas ganti baju, pintunya lupa ditutup sama gw, jadi mereka liat pas gua ganti baju. Gak cuma itu, mereka juga liat adegan gw menggosok-gosokan Rexona ke ketek gw, sial. Aib semakin terbuka. Untung gak direkam, kalo direkam bisa kena skandal nich. Trus mereka cabut dan nanya dimana rumah Afifah, jadi gw anter mereka sambil sekalian mau berangkat ke tempat sirkusnya itu.

Sesampainya di rumah Afifah, gw nunggu diteras karena malu. Ada anak cowok gila sok harum yg baru mandi berdiri di teras rumah orang. Terus, si Ricco menjemput gw pake becak mobil Corona nya di jalanan deket rumah si Afifah itu. Lalu gw masuk bareng si Tantri & Arin. Mereka berdua turun di depan gapura komplek Yasmin 6, terus gw , Ricco, dan supirnya langsung cabut ke tempat sirkusnya. Trus parkir mobil di pinggir jalan dan hujan. Jadi kita keluar dari mobil bagaikan seorang teroris yang disergap Densus88. gua keluar sambil bungkuk megang jaket kayak orang yang ngelindungin diri dari peluru. Si Ricco lari di pinggir jalan kayak teroris yang dikejar-kejar. Sementara supirnya udah ngilang duluan kayak Noordin M. Top.
tenda sirkus, ini di tempat lain tapi tendanya sama persis.

Jam main, jadi yg main orangnya atau jamnya sih?

gue duduk di VVIP yg kiri

Sampe di loket, kita langsung masuk ga beli tiket karena si supirnya itu udah ketemu sama temennya yang pemain sirkus itu. Kalau posisi kursi VIP itu ada di samping panggung tapi paling depan. Pas masuk, kita bertiga udah kayak tamu istimewa aja, gak ngantri, terus ketemu sama temennya sopir itu. Orangnya (maaf) agak cebol kayak Ucok Baba(kita sebut orang ini dgn sebutan : TEMEN SOPIR). Tapi dia baik banget. Pas masuk ke tendanya yg super gede dan full AC itu. Kirain sih mau duduk di VIP, gak taunya malahan dikasih tempat duduk VVIP yang posisinya tepat didepan panggung, dan paling depan gak ada yang ngehalangin. Jadi gua bayarnya 50.000 untuk duduk di kursi VVIP seharga 100rb. Temennya sopir emang baik banget tuh. Trus gua duduk dulu agak lama nunggu mulai acaranya. Satu hal bodoh adalah GUA GAK BAWA KAMERA. Jadi gak bisa dokumentasi deh. Hape si Ricco juga ketinggalan di mobil karena tadi keburu-buru. Gapapalah, gak ada gambar asli.

Setelah itu mulailah acaranya.

Lampunya mati trus jadi gelap, trus ada lampu sorot yang terang banget ke arah tirai di belakang panggung. Lalu muncullah seseorang yang berbadan gendut memakai jas hitam dan dasi merah. Dia jalan dari tirai itu ke tengah panggung. Dia MC acaranya. ”yak hadirin sekalian, pertama-tama saya ucapkan selamat malam! Selamat datang di ORIENTAL CIRCUS INDONESIA dan TASCHENT RUSSIA. Malam ini kami akan menampilkan banyak atraksi yang menarik.”. huahahah, keren abis. Trus mulai deh atraksi pertama, ada dua orang cowok gak jelas dengan muka coreng-moreng bawa tongkat yg diujungnya ada api trus tongkatnya diputer-puter. Lalu semua pemain keluar dengan menunjukan keahlian masing-masing. Ada yang pake sepeda roda satu, ada cewek-cewek cantik yang muter-muterin anduk merah di kedua tangannya, ada yang juggling pake botol, ada si temen sopir yang mukanya udah di make up sedemikian rupa jadi badut, dan lainnya. Jadinya tuh panggung yang bentuknya lingkaran itu penuh sesak oleh para pemainnya. Trus mereka gaya sambil teriak, ”hoh!”, dan para penonton tepuk tangan.
suasana di dalem tenda sirkusnya

Trus ada 2 orang Rusia mereka ngenalin diri mereka. Yang cowo gw lupa namanya, yang cewek namanya Nadia. Trus mereka semua masuk ke tirai di belakang panggung lagi. Trus atraksi selanjutnya anjing puddle gak jelas yang jumpalitan di panggung. Yg menarik adalah pawangnya yang cantik jelita. Dia sangat cantik tapi senyumnya keliatan maksa. Mungkin dia capek karen udah 2 minggu pentas melulu melakukan hal yang sama tiap hari, senyum terus, mainan anjing puddle, jadi lelah. Kasian bener sih si cantik. Udah tuh. Si pawang cantik masuk lagi ke belakang bareng anjingnya

Terus petugasnya narok karpet gitu di panggung. Trus keluarlah 6 orang cewek super cantik dan seksi yang membuat para lelaki NORMAL gak bisa berhenti kedipin mata (lebay). Mereka muter-muterin kain merah di kedua tangan mereka, di kedua kaki mereka, dan dimulut mereka (pake sumpit digigit). Yang gua liat bukan atraksi mereka, melainkan bagian lain dari tubuh mereka semua. Haha. Ada satu pemain yg super cantik, mukanya oriental gitu, matanya sipit, dan mirip Widy Vierra. Badannya langsing dan gerakannya lincah. Selama pentas, itunya gak berhenti goyang, jadi gw jg ga berhenti melek. Jadi jatuh cinta. Sayangnya dia ga kenal gua. Hahahahaha.

Next attraction, puluhan petugas yang berbaju biru rapih pada keluar dari belakang panggung. Mereka nyiapin alat-alat yg dibutuhkan untuk adegan selanjutnya. Mereka ngeluarin jaring dan jaringnya di gantung di atas pake tali yang diiketin ke segala penjuru tenda. Lalu pentas ada 4 cowo yang perutnya sixpacks gelantungan di atap tenda saling melempar satu sama lain. Jadi jaring yg dipasang tadi itu gunanya untuk keamanan mereka kalo seandainya jatoh. Setelah gelantungan dan berayun agak lama, lalu ganti atraksi lagi. Jaringnya di lepas dan para pemainnya masuk lagi ke tirai di belakang panggung.
tenda atau sarang laba-laba raksasa??

Atraksi selanjutnya gua lupa, abisan banyak bgt sih. Pokoknya ada gajah gitu main drama ”perburuan gajah liar di hutan”. Gajahnya bisa akting mati, kaki pincang, trus nangis juga, akting duduk juga bisa keren abis deh. Pesan moral dramanya : JANGAN BURU GAJAH LIAR YG UDAH MAU PUNAH, APALAGI DIAMBIL GADINGNYA. (boro-boro ngeburu gajah liar, gw nyergap kucing ayam lari aja susah)
itu gajahnya lagi ekting mati terkapar, tapi lebih mirip kayak anjing laut mau ngelahirin bayi pertama.
Terus ada atraksi bareng harimau. Kalo bagian ini, panggungnya di selubungin pake jaring kuat terbuat dari besi. Supaya harimaunya gak lompat ke penonton, kan gak lucu aja kalo gak pake jaring trus harimaunya lompat ke gua trus gw mati, masuk koran dgn headline : ”seorang anak ganteng berjaket coklat mati diterkam harimau saat nonton sirkus rusia”, trus di bawahnya ada tulisan ”di tangan anak itu ditemukan secarik kertas bertuliskan : saya tidak homo, saya mencintai wanita selamanya”. Gak lucu banget!
Harimaunya cuman lompat-lompat gak jelas kesana-kemari, trus ngelewatin lingkaran berapi, trus berdiri diatas kursi. Trus masuk lagi ke kandang. Dasar harimau gabut. Udah dipakanin daging enak malah cuma kerja kayak gitu doang. Btw harimau itu adalah kucing ukuran besar. Kuciing lagii...
harimau super gak jelas, harimau bukan harismau

Next, ada atraksi dari 2 orang anak kecil yg super jago. Yang satu mukanya kayak anak SD(emang masih SD!), yang satu lagi rambutnya mohawk keren dan ditengahnya warna coklat. Jadi mirip harimau ayam deh rambut dia. Mereka naik ke atas meja, masing-masing didampingi satu perempuan cantik. Mereka berdiri diatas kayu yg dibawahnya ada silinder besi terus ngelempar mangkok dari kayu itu ke atas kepala tanpa jatoh. Gila bener-bener dewa deh tu anak-anak. Salah satu anak ada yg didampingin sama si cewek cantik oriental yg tadi. Cantik bgt deh tuh cewek sirkus, semoga istri gw ntar kayak gitu cantik, seksi, matanya sipit, badannya lentur asoy amin...

Lalu ada atraksi dari simpanse warna item yg super aneh. Gak aneh sih namanya juga binatang sirkus. Tapi si MC bilang nama simpanse itu adalah Cindy. What the fuck! Cindy itu kan nama untuk cewek cantik, kenapa simpanse item buluan gak jelas gitu namanya Cindy? Dasar sirkus! Simpanse itu keliling panggung dengan gaya primata nya. Dia naik sepeda terus ngendarain motor muter-muterin panggung, hebatnya dia ngeliat ke arah penonton tanpa ngeliat jalan di depannya. Jago banget! Kalo gw sih paling udah nabrak trus jatoh dengan sukses.

Selanjutnya, ada 2 orang Rusia yang nari-nari gak jelas terus terbang berdua pake tali sling ke atas atap tenda. Yang cowo pegangan tali, terus yang cewek gelantungan dibawahnya pegangan kaki si cowo. Adegan terserunya adalah, si cowo gelantungan di tali tadi pake kaki dan kepalanya dibawah, trus dia ngegigit sesuatu yg bertali di giginya, trus ujung lain dari tali itu diiket di leher belakang si cewe dan mereka mutermuter diatas berkali-kali, jadi talinya itu ngiket kepala belakang si cewek. Si cewek muternya makin kenceng kayak blender gitu. Gile bener dah tuh 2 orang Rusia, bener-bener dewa.

Abis itu ada 4 orang sirkus yang aneh, 2 cowo 2 cewek mereka melakukan hal yang sama dengan orang Rusia tadi, cuman mereka terbangnya pake kain merah yg panjang terikat ke atap tenda. Jadi satu pasang cowo cewe, terbang pake kain merah, yang pasangan lainnya nari-nari aneh di bawahnya. Terus gantian deh.
kainnya kuat bgt, bisa nahan beban 2 orang kayak gini tanpa robek.

Lalu ada parodi lucu ala sirkus. Si TEMEN SOPIR tadi tampil lagi bareng temennya yang mukanya kayak anak SMA. Mereka berdua di make up jadi muka badut. Mereka cuman nari-nari ala badut aneh di panggung sambil sesekali dorong-dorongan sampe salah satunya jatuh tersungkur. Trus dateng lagi orang aneh pake kostum gorila. Karena itu parodi ya lucu lucu aja sih. Cuman menurut gw temen sopir itu paling menderita, didorong sampe jatoh, pas berdiri didorong lagi. Jadi kasian. Tuntutan profesi.
parodi super gaje (itu yang cebol bukan si TEMEN SOPIR)

Gile masih ada atraksi lagi? Masiih... kali ini 4 orang cewek cantik seksi yang tadi. Mereka naik sepeda kumbang berempat keliling-keliling panggung yang bentuknya lingkaran itu. Agak garing sih, cuman karena mereka semua cantik ya bagus bagus aja lah hahaha.

Atraksi terakhir.... satu sepeda dinaikiin 15 orang pemain sirkus. Gila ini, mulut gua mangap ngeliatnya. Baru pertama kali liat langsung 1 sepeda dinaikin orang sebanyak itu. Ada si cewek cantik oriental lagi tuh haha. Seneng gw. Terus semua pemain keluar lagi sambil main atraksi masing-masing, dan panggungnya dipenuhi seluruh pemain sirkus lagi. Dan kau tahu? Si cewek cantik oriental yg mirip Widy Vierra itu berdiri tepat di depan gw. Gilaaa!! Gw seneng bgt! Mata gw langsung bersih, tapi otak jadi kotor haha.
 kalo jatoh kasian bgt.
panggungnya penuh gan...

Terus acaranya selesai. Benyak kakak kelas SMA gw yang gw kenal, mereka nonton juga bareng temen-temen genk mereka. Ada ygn foto-foto dengan latar belakang panggungnya juga. Gw sebenernya pengen ke belakang panggung untuk sekedar take photo bareng para pemain sirkus, tapi karena ga bawa kamera jadi cuman bisa gigit jadi karena iri yang lain pada foto-foto gue kagak bisa. Terus gw keluar tenda dan diluar udah ada banyak orang ngantri mau nonton untuk jam berikutnya. Haha makan tuh ngantri, gua ga ngantri doong. Haha.
foto beberapa pemain sirkusnya. liat ada orang pake kaos biru tua, dia yang main terbang pake kain merah. trus itu ada anak kecil rambut pirang sebelah mbak-mbak baju merah, nah dia itu adalah anak ajaib yang bisa ngelempar mangkok dari bawah ke atas kepalanya tanpa pake tangan.
 gajahnya punya tenda sendiri
anak ini yang keren, gue inget banget sama rambutnya yang coklat dan mohawk

para pemainnya tidur di bis tiap hari. kalo yang anak kecil, mereka home schooling dari jam 1 siang sampe jam 3 sore. walopun sirkusan, yang anak kecil tetep belajar. ada 3 orang anak kecil di Oriental Circus, Nova (11 tahun), Andre (9 tahun), dan Joshua (9 tahun)

Pas balik, karena udah kemaleman jam 9 lewat, dan ibu gw udah tidur takut ngeganggu, jadi gw memustuskan untuk nginep aja di rumah si Ricco. Rencananya sih baliknya besok Minggu 14 maret pagi. Sebelum ke rumah si Ricco, kita jalan-jalan dulu bentar ke arah parung. Parung itu tempat bodoh ga usah dipikirin. Dari parung si Ricco ngantuk sopirnya juga. Dasar bodoh, sopir kok ngantuk. Jadi gw disuruh bawa mobil dia. Untung gw udah latihan nyetir mobil jadi paling enggak bisa lah jalan lurus atau belok kiri kanan. Gw bawa mobil sedan Corona taun 80an yang power steering.
tidur dulu di kap mobil si Ricco sambil nunggu gerbangnya dibukain.

Sampe deket rumah si Ricco sopirnya turun di rumah sakit mau ngambil uang di ATM, terus lanjut lagi sampe rumah si Ricco. Pas deket gerbang, lampu sama mesin matiin, trus si Ricco keluar dan ndorong mobilnya supaya gak bikin ribut rumah. Sampe depan gerbang, gerbangnya dikunci jadi kita Cuma diem di depan gerbang yang sekelilingnya sepi itu. Gw keluar dari mobil dan tidur di kap mesin mobil sedan itu. Setelah stengah jam tidur di kap mobil yg anget itu, gw pun manjat pager si Ricco untuk minta kunci gembok ke pembantunya. Trus mobilnya didorong ke parkiran. Terus gw masuk kamarnya Ricco, ngenet bentar terus tidur di kasur bawah.

Pas Minggu 14 maret, jam 10 pagi gw bangun si Ricco masih tidur. Jadi gw tidur lagi. Pas bangun udah jam 12 siang. Si Ricco masih tidur, dasar kebluk. Hape dia tiba-tiba melantunkan lagu Party In Your Bedroom dari Cash Cash. Ternyata itu orang tua gw nelfon. Pas diangkat ternyata gw suruh pulang. Akhirnya berakhir lah acara menginap gw. Gw pamit ke bokap Ricco, terus dianter sopirnya sampe depan rumah gw. Gila padahal niat pulang jam7 pagi malah ngaret sampe jam stengah 1 siang. Itu hal bodoh jangan ditiru.

Nonton sirkus, Jalan-jalan di malam hari, nginep tempat temen, adalah hal yang sangat brilian bagi gw untuk sejenak melupakan penatnya kehidupan SMA yang membuat otak tertekan, daripada mikirin temen-temen “brengsek” yang gak berguna itu. (bukan elu. haha.)

sincerely,
-harisdarko-
pentinggak.blogspot.com

4 komentar:

  1. photonya menarik tapi artikelnya kayak buku diary...trus berkarya ja

    BalasHapus
  2. Ada yang namanya andreas nggak disana?? gw naksir, ehem. penting banget.

    BalasHapus
  3. ka rahul nya kemana?(partnernya bejo) q shanty WTC mangga 2,msh kenal ga,ya?

    BalasHapus

Silahkan isi demi terbentuknya blog yg aduhai.
Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nama asli anda di akhir posting.

Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di :
- Facebook : Harisuddin Hawali
-Twitter @harisdarko.

"If you don't like some of my posts don't just post stupid comments which will be deleted... post correct comments or describe what you didn't like ,then i will improve myself"

Thank You for Visiting Pentinggak Blog