Si Kawan

  • 0

Hari itu hari Selasa tanggal 30 Maret 2009. Ini kisah nyata loh. Hari itu sekolah pulang cepet, soalnya anak kelas 7 ama 8 lagi ulangan. Berhubung gue anak klas 9 yang aduhai, gue juga terkena imbas pulang cepet deh.

Pulang sekolah gw di ajak ngenet ama si calon peserta didik Be A Man angkatan ke III, si Ghifari. Gak jelas gitu deh, ngenet yang di cari di Youtube.com video 9 perempuan berkulit putih bening bersih nari-nari sambil nyanyi dengan gemulai. Keywordnya : GEE (cari aja!)
Pulang dari ngenet gw langsung pulang ke rumah. Abis pulang gue tidur siang, dan pas bangun langsung siap-siap pergi les ke PG.
Di tempat les, semua berjalan normal, palingan ngebahas soal try out kota, becanda, ketawa, ciuman(enggak,bohong.), sampai suatu ketika....
Gue ke luar kelas dan dihadang ama temen-temen gw.


Jogi : Eh ris, ayo kita cabut!
Haris : Kemana? Kenapa cabut? Apanya yang di cabut?? JEMM… jembatan? Jempol? Jemari? Jemuran? Jemputan? Jember?
Jogi : Parah! Ya cabut aja. Kita jalan-jalan, gue bawa mobil nih.
Haris : Emang ada apa?
Jogi : Sekarang pelajarannya si Kawan...(muka serem)
Haris : Si... siapa??
Jogi : Kawan, si-ka-wan
Haris : Siapa tuh?? Baru denger. Guru baru??
Jogi : Iya, orangnya freak abis.
Haris : Emangnya dia kenapa??
Jogi : Dia suka ngemutin jari muridnya sampai berdarah!
Haris : Serius?
Jogi : Ya enggak lah, percaya lagi lu.
Haris : Bodoh.
Jogi : Ntar di mobil gw ceritain.
Haris : Yaudah


Gw gak tau siapa itu si Kawan. Soalnya pertemuan sebelumnya gw ga masuk, dan pas itu kebetulan si Kawan yang ngajar. Di mobil si Jogi nyetirnya ugal-ugalan, ngebut pula, tapinya asik. Di dalem mobil, anak-anak cerita ke gw.

Haris : Si Kawan itu kaya gimana orangnya?
Jogi : Aneh ris. Kalo ngomong selalu diakhiri dengan kata ”kawan”.
Haris : Maksud?
Lazu : Kayanya dia nganggep kita tuh bukan sebagai murid, tapi sebagai istri.
Jogi : Bukan istri lah tolol. Tapi sebagai kawan.
Haris : Kaya gimana ngomongnya?
Jogi : Kalo ngomong, kaya gini, ”ya, mari kita berdoa dulu, KAWAN”, ato ”sudah selesai dengan tugasnya, KAWAN??” atau ”Di mana kamu tinggal KAWAN? Kaka mau main ke rumah kamu KAWAN....”
Haris : What the... Orang mana do’i???
Lazu : Orang Amerika bukan Jog???
Nadi : Bukan, orang Irian Jaya tau.
Jogi : Tolol, orang Flores dia. Kulitnya gelap gitu.
Haris : Jadi penasaran. Ke PG yu, gw pengen ktemu ama orangnya.
Jogi : (sambil nyetir) Mendingan ga usah ris, orangnya ga enak di liat.
Haris : Nanti aja deh.


Mobil si Jogi muter balik ke arah PG lagi. Pulangnya agak dilama-lamain, soalnya si Jogi males ketemu ama si Kawan, katanya. Sampe di PG pelajarannya dah mulai. Pas gw ngintip ke kelas lewat celah lobang kunci, gw liat ada orang kulit item berdiri gagah di depan kelas. Dia pake kemeja warna coklat garis-garis vertikal. Celana bahan warna item. Tali pinggang kulit(manusia). Sepatu pantofel buatan Flores(tau dari mana ris?) warna coklat. Dan juga dia make—gatau peci, ga tau yamaka yg buat orang yahudi, atau kupluk—tapi yg gw tau, di benda aneh di kepalanya itu ada emblem ama pin bertuliskan PKDI. Setelah itu gw masuk ke kelas bareng anak-anak yg lain.

Si Kawan : Hei, kenapa kalian terlambat masuk kelas KAWAN??
Jogi : Ini pak, tadi kita ke rumah Denis dulu.
Si Kawan : Ngapain KAWAN??
Jogi : Liat-liat aja, sekalian beli pensil (alesan.knapa juga harus pensil?)
Si Kawan : Oh begitu, kalau begitu silahkan duduk KAWAN.
Haris : Pak, pelaj
aran apa ini?
Si Kawan : Ini pelajaran Sejarah KAWAN.
Haris : Owh.

Saat itu juga gw pengen ketawa. Tapi kalo ketawa, takut si Kawan nya tersinggung. Jadi gw tahan. Kalo ketawa di tahan kaya gini, gw jadi pengen boker. Mampus, ni guru ngomongnya bikin gw jadi pengen ketawa. Gw tahan lagi ketawanya, tapi jadi pengen boker lagi. Mana ruangannya ber-AC lagi. Aduh. Perut gw udah gak sabar lagi pengen mengeluarkan isinya. Pantat gw udah siap menyemburkan zat sisa dari perut.

Perut gw : Lapor, suhu dingin membuat saya ingin mengeluarkan semua isi tak berguna di dalam sini. Apakah boleh saya melanjutkan ke tahap selanjutnya??
Gw : Tidak.
Perut gw : Maaf, saya sudah overload. Saya akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Pantat, bersiap-siap untuk menerima luapan pisang goreng yang sudah meleleh.
Pantat gw : Diterima. Semua siap. SIAP MELAKUKAN PENGELUARAN!!
Gw : Don’t shoot!
Pantat gw : HOSTAGE* IS SAFE NOW. Pengeluaran di tunda sampai nanti malam.
Sir, yes sir!

*hostage=sandera(pisang goreng). Pisang goreng gw disandera dulu sama pantat gw.
Maaf, agak mirip dengan peristiwa di buku komik Kambingjantan. Tapi ini beneran.

Huh, gw lega. Akhirnya gw ga jadi boker di PG. Si Kawan lalu memberikan sebuah kuis gak jelas ke anak-anak. Peraturannya, kalo tau jawaban dari pertanyaan yg di ajuin sama si Kawan, langsung angkat tangan trus jawab pertanyaannya.

Fahri nak UQ : Pak, soal rebutan bukan?
Si Kawan : Bukan, kalo tau jawabannya, langsung angkat tangan sajaa KAWAN.
Fahri nak UQ : Nanti kalo semua anak tau jawabannya, berarti anak satu kelas angkat tangan semua dong.
Si Kawan : Iya KAWAN.
Fahri nak UQ : Berarti rebutan dong...
Si Kawan : Bukan rebutan KAWAN.


Gubrak(apaan tuh yang jatoh??), ngotot amat si kawan. Itu namanya rebutan. Trus bak seorang Sai Baba, dia mengangkat kedua tangannya dan menari perut di atas meja.(bohong). Setelah selesai kuisnya, udah aja gitu... Super Duper Garing. Ku-is-su-per-du-per-ga-ring. Kembali.

Haris : Laz, PKDI apaan?
Lazuardi : Itu loh, partai yang lambangnya banteng moncong putih, yang pemimpinnya Megawati.
Haris : Itu mah PDI. Gw serius. Apaan itu?
Lazuardi : Partai KONci Duplikat Imah?
Haris : Ah, lu mah gak pernah serius ngomong ama gw.
Lazuardi : Oke.
Haris : Jog, PKDI yg di—benda aneh dikepala si kawan—itu loh, artinya apa??
Jogi : Partai Kasih Demokrasi Indonesia. Kayaknya.
Haris : Ooo, berarti tu orang bukan muslim dong?
Jogi : Ya iya lah.
Haris : Kirain yg di kepalanya itu peci.
Jogi : Hah? Panci?
Haris : Garing luh. Peci.

Pas palajaran usai, gw tanya ke mbak-mbak yg jaga front office di depan PG.

Haris : Mbak, yg tadi ngajar di klas saya itu guru Sejarah?
Mbak-mbak : Iya.
Haris : Kode gurunya apa? Guru baru bukan?
Mbak-mbak : Kodenya AP. Iya, guru baru.
Haris : AP itu singkatan dari apa??
Mbak-mbak : Anzelmus Openg.
Haris : Hah? Al, al, al apa??
Mbak-mbak : Anzelmus Openg.
Haris : Owh, dipanggil Pak Openg?
Mbak-mbak : Iya.


Ooo, ternyata do’i guru baru berciri khas “KAWAN”, bernama pak Openg.... Sejak saat itu, setiap kali di PG ada pelajaran si Kawan a.k.a. pak Openg, selalu aja si Jogi ngajak anak-anak sekelas cabut naik mobil dia keliling kota Bogor tercinta(huu!). Kasian amat tuh guru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi demi terbentuknya blog yg aduhai.
Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nama asli anda di akhir posting.

Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di :
- Facebook : Harisuddin Hawali
-Twitter @harisdarko.

"If you don't like some of my posts don't just post stupid comments which will be deleted... post correct comments or describe what you didn't like ,then i will improve myself"

Thank You for Visiting Pentinggak Blog